E-BUSINESS DAN E-COMMERCE

E-BUSINESS
E-business adalah kegiatan bisnis yang dilakukan secara otomatis dengan memanfaatkan teknologi elektronik seperti komputer dan internet. E-business memungkinkan suatu perusahaan untuk berhubungan dengan sistem pemrosesan data internal dan eksternal secara lebih efisien dan fleksibel. Contoh dari e-business misalnya pembelian barang secara online melalui www.tokopedia.com. Dari proses pemesanan barang, konfirmasi pembayaran, hingga konfirmasi bahwa pengiriman barang tersebut sudah sampai kepada customer dilakukan secara elektronik.
E-business memiliki karakteristik tujuan yang sama dengan bisnis secara konvensional, hanya saja e-business memiliki cakupan yang berbeda. Bisnis mengandalkan pertemuan antar pebisnis seperti halnya rapat ditempat khusus, atau sekadar untuk berkenalan dengan partner bisnis, sedangkan e-business mengandalkan media internet sebagai sarana untuk memperoleh tujuannya.

Dalam kegiatan e-business, ada lima kemungkinan bentuk hubungan bisnis berdasarkan transaksinya, yaitu :
1. Business to Business (perdagangan antar pelaku usaha bisnis)
2. Business to Consumer (perdagangan antar pelaku usaha bisnis dengan konsumen)
3. Consumer to Consumer (perdagangan antar konsumen yang satu dengan konsumen yang lain)
4. Consumer to Business (perdagangan antar konsumen dengan pelaku bisnis atau perusahaan)
5. Intrabusiness e-business (perdangan dalam lingkup intranet perusahaan yang melibatkan pertukaran barang, jasa, dan informasi.

Sasaran dari e-business adalah pasar atau market. Menurut Forrester Research, telah terjadi perkembangan yang sangat fantastis terhadap jumlah komputer yang terhubung dalam internet, termasuk penggunanya. E-business market ini menyimpan peluang omset yang besar yang dapat diperebutkan oleh para pebisnis.

·         Tahapan E-business
Ada empat tahap pemanfaatan jaringan komputer dan internet untuk tujuan e-business, di mana terjadi transformasi perusahaan tradisional ke e-business, diantaranya sebagai berikut:
1.      Mendayagunakan komputer
2.      Mendayagunakan jaringan dan internet (seperti email, chat messanger, IRC, dll,.)
3.      Membangun dan mendayagunakan web
4.      E – commerce

E-COMMERCE

Definisi E-Commerce menurut Laudon & Laudon (1998), E-Commerce adalah suatu proses membeli dan menjual produk-produk secara elektronik oleh konsumen dan dari perusahaan ke perusahaan dengan computer sebagai perantara transaksi bisnis. E-Commerce atau yang biasa disebut juga dengan istilah Ecom atau Emmerce atau EC merupakan pertukaran bisnis yang rutin dengan menggunakan transmisi Electronic Data Interchange (EDI), email, electronic bulletin boards, mesin faksimili, dan Electronic Funds Transfer yang berkenaan dengan transaksi-transaksi belanja di Internet shopping,

Stock online dan surat obligasi, download dan penjualan software, dokumen, grafik, musik, dan lain-lainnya, serta transaksi Business to Business (B2B). (Wahana Komputer Semarang 2002). Sedangkan definisi E-Commerce menurut David Baum (1999, pp. 36-34) yaitu: E-Commerce is a dynamic set of technologies, applications, and bussines process that link enterprises, consumers, and communities through electronics transactions and the electronic exchange of goods, services, and informations.
Diterjemahkan oleh Onno. W. Purbo: E-Commerce merupakan satu set dinamis teknologi, aplikasi, dan proses bisnis yang menghubungkan perusahaan, konsumen, dan komunitas tertentu melalui transaksi elektronik dan perdagangan barang, pelavanan, dan informasi yang dilakukan secara elektronik.

Definisi dari E-Commerce menurut Kalakota dan Whinston (1997) dapat ditinjau dalam 3 perspektif berikut:
1. Dari perspektif komunikasi, E-Commerce adalah pengiriman barang, layanan, informasi, atau pembayaran melalui jaringan komputer atau melalui peralatan elektronik lainnya.
2. Dari perspektif proses bisnis, E-Commerce adalah aplikasi dari teknologi yangmenuju otomatisasi dari transaksi bisnis dan aliran kerja.
3. Dari perspektif layanan, E-Commerce merupakan suatu alat yang memenuhi keinginan perusahaan, konsumen, dan manajemen untuk memangkas biaya layanan (service cost) ketika meningkatkan kualitas barang dan meningkatkan kecepatan layanan pengiriman.
4. Dari perspektif online, E-Commerce menyediakan kemampuan untuk membeli dan menjual barang ataupun informasi melalui internet dan sarana
online lainnya.

Jenis-jenis E-Commerce
Kegiatan E-Commerce mencakup banyak hal, untuk membedakannya E-Commerce dibedakan menjadi 2 berdasarkan karakteristiknya:
1. Business to Business, karakteristiknya:
• Trading partners yang sudah saling mengetahui dan antara mereka sudah terjalin hubungan yang berlangsung cukup lama.
• Pertukaran data dilakukan secara berulang-ulang dan berkala dengan format data yang telah disepakati bersama.
• Salah satu pelaku tidak harus menunggu rekan mereka lainnya untuk mengirimkan data.
• Model yang umum digunakan adalah peer to peer, di mana processing intelligence dapat didistribusikan di kedua pelaku bisnis.

2. Business to Consumer, karakteristiknya:
• Terbuka untuk umum, di mana informasi disebarkan secra umum pula.
• Servis yang digunakan juga bersifat umum, sehingga dapat digunakan oleh orang banyak.
• Servis yang digunakan berdasarkan permintaan.
• Sering dilakukan sistim pendekatan client-server. (Onno W. Purbo & Aang Arif. W; Mengenal E-Commerce, hal 4-5

Tujuan Menggunakan E-Commerce dalam Dunia Bisnis
Tujuan suatu perusahaan menggunakan sistim E-Commerce adalah dengan menggunakan E-Commerce maka perusahaan dapat lebih efisien dan efektif dalam meningkatkan keuntungannya

Mantaat Menggunakan E-Commerce dalam Dunia Bisnis
Manfaat dalam menggunakan E-Commerce dalam suatu perusahaan sebagai sistem transaksi adalah:
a. Dapat meningkatkan market exposure (pangsa pasar).
Transaksi on-line yang membuat semua orang di seluruh dunia dapat memesan dan membeli produk yang dijual hanya dengan melalui media computer dan tidak terbatas jarak dan waktu.
b. Menurunkan biaya operasional (operating cost).
Transaksi E-Commerce adalah transaksi yang sebagian besar operasionalnya diprogram di dalam komputer sehingga biaya-biaya seperti showroom, beban gaji yang berlebihan, dan lain-lain tidak perlu terjadi
c. Melebarkan jangkauan (global reach).
Transaksi on-line yang dapat diakses oleh semua orang di dunia tidak terbatas tempat dan waktu karena semua orang dapat mengaksesnya hanya dengan menggunakan media perantara komputer.
d. Meningkatkan customer loyalty.
Ini disebabkan karena sistem transaksi E-Commerce menyediakan informasi secara lengkap dan informasi tersebut dapat diakses setiap waktu selain itu dalam hal pembelian juga dapat dilakukan setiap waktu bahkan konsumen dapat memilih sendiri produk yang dia inginkan.
e. Meningkatkan supply management.
Transaksi E-Commerce menyebabkan pengefisienan biaya operasional pada perusahaan terutama pada jumlah karyawan dan jumlah stok barang yang tersedia sehingga untuk lebih menyempurnakan pengefisienan biaya tersebut maka sistem supply management yang baik harus ditingkatkan.
f Memperpendek waktu produksi.
Pada suatu perusahaan yang terdiri dari berbagai divisi atau sebuah distributor di mana dalam pemesanan bahan baku atau produk yang akan dijual apabila kehabisan barang dapat memesannya setiap waktu karena on-line serta akan lebih cepat dan teratur karena semuanya secara langsung terprogram dalam komputer.

Pernyataan-pernyataan Onno W. Purbo di atas juga didukung oleh permyataan Laura Mannisto (International Telecommunication Union, Asia and the Future of the World Economic System, 18 March 1999, London), yaitu:
a. Ketersediaan informasi yang lebih banyak dan mudah diakses Ketersediaan informasi produksi dan harga dapat diakses oleh pembeli, penjual, produsen dan distributor.
b. Globalisasi Produksi, distribusi dan layanan konsumen : jarak dan waktu relatif lebih pendek, sehingga perusahaan dapat berhubungan dengan rekan bisnis di lain negara dan melayani konsumen lebih cepat. Produsen dapat memilih tempat untuk memproduksi dan melayani konsumen tidak tergantung dimana konsumen itu berada. Perusahaan yang berada di negara berpendapatan rendah dapat mengakses informasi dan membuat kontak bisnis tanpa harus mengeluarkan biaya tinggi.
c. Mengurangi biaya transaksi dengan adanya system order, pembayaran dan
logistik secara online dan otomatis.
Jadi dapat disimpulkan bahwa pengertian e-commerce dan e-business apabila tidak dipahami terlebih dahulu akan membuat pembahasan tentang hal tersebut menjadi tidak sistematis. Hal ini dikarenakan kebingungan dalam menentukan istilah yang paling cocok untuk mewakili konsep perdagangan dengan sarana elektronik.

PERBEDAAN
1. E-business lebih luas dalam lingkup dan e-commerce hanya merupakan satu aspek atau satu bagian dari e-business.
2. E-commerce hanya mencakup transaksi bisnis seperti membeli dan menjual barang dan jasa melalui internet.
3. E-commerce pada prinsipnya melibatkan perdagangan uang sedangkan dalam e-business, transaksi uang tidak diperlukan.
4. E-business melibatkan pemasaran, perancangan produk, evaluasi layanan konsumen, dll. 
Perbedaan yang mendasar antara e-commerce dan e-business adalah bahwa tujuan e-commerce berorientasi pada bagaimana memperoleh keuntungan, sedangkan e-business berorientasi pada kepentingan jangka panjang dan sifatnya abstrak seperti kepercayaan konsumen, pelayanan terhadap konsumen, peraturan kerja, relasi antar mitra bisnis, dan penanganan masalah sosial lainnya. Selain dari perbedaan yang dimiliki oleh keduanya, ternyata keduanya juga memiliki persamaan tujuan yaitu memajukan perusahaan menjadi perusahaan yang lebih besar dari sebelumnya.

RUANG LINGKUP
Ruang Lingkup E Bussiness: Dijelaskan dengan Prinsip (4 W) Yaitu: What, Where, Who dan Why.
1. What 
Secara prinsip pengertian E Business jauh lebih luas dibandingkan dengan E Commerce, bahkan secara filosofis, E Commerce merupakan bagian dari E Bussiness. Jika E Commerce hanya memfokuskan diri pada aktivitas atau mekanisme transaksi yang dilakukan secara elektronik/digital, E Bussiness memiliki wilayah yang jauh lebih luas, termasuk di dalamnya aktivitas relasi antara dua entiti perusahaan, interaksi antara perusahaan dengan pelanggannya, kolaborasi antara perusahaan dengan para mitra bisnisnya, pertukaran informasi antara perusahaan dengan para pesaing usahanya, dan lain sebagainya.

2. Where
 E Bussiness dilakukan dimana saja, sejauh pihak yang berkepentingan memiliki fasilitas elektronik/digital sebagai kanal akses (access channel). Berbeda dengan bisnis konvensional dimana transaksi biasa dilakukan secara fisik di sekitar perusahaan dengan akses dan variasi transaksi yang terbatas.

3. Who 
Siapa saja yang melakukan E Bisnis. Klasifikasi entiti yang kerap dipergunakan dalam mengilustrasikan eBusiness, masing-masing: Agent, Business, Consumer, Device, Employee, Family, dan Government. Contohnya adalah sebuah aplikasi tipe eCommerce B-to-C yang merupakan mekanisme hubungan perdagangan antara sebuah perusahaan dengan para pelanggannya (end consumersnya); atau tipe G-to-G yang menghubungkan dua buah negara untuk permasalahan eksport dan import.

4. Why 
Penerapan konsep eBusiness secara efektif memberikan keuntungan bagi perusahaan karena banyaknya komponen biaya tinggi yanga dapat dihemat, yang secara tidak langsung meningkatkan level pendapatannya. Dengan mengimplementasikan eBusiness, perusahaan dapat melihat berbagai peluang dan celah bisnis baru yang selama ini belum pernah ditawarkan kepada masyarakat.

KRITERIA E-BUSINESS YANG BAIK
Berdasarkan gambar 1, berikut ini akan diuraikan parameter pengukur keunggulan kompetitif e-business.
Customer
Service
·         New dimension in customer care
·         Achieve intimacy
·         Retain loyalty
Price
·         Significan decrease
·         Source of competitive advantage for entire value chain
Quality
·         Increased through standardized customer interface and automated processed
Fulfillment Time
·         Drastically increased
·         Source of customer royalty
Agility
·         New strategies enabled
Time to
Market
·         Greatly enhanced
·         Long term advantages gained in the short term
Market Reach
·         Rapid geographic increase
·         Incremental penetration of “markets of one” served by competitors as market segments

Customer Service
Ditinjau dari aspek layanan kepada pelanggan, perusahaan yang memiliki keunggulan kompetitif e-business berhasil menciptakan ‘new dimension in customer care’, yaitu sebuah dimensi pendekatan baru dan unik dalam memelihara para pelanggannya, khususnya dalam hal mengelola komunikasi dan interaksi dengan pelanggannya.
Tujuan dari pendekatan ini adalah untuk mencapai ‘customer intimacy’. Customer intimacy adalah jalinan keakraban antara pelanggan dengan perusahaan. Dengan pencapaian tujuan ‘customer intimacy’ ini, perusahaan yang memiliki keunggulan kompetitif e-business mampu menguasai loyalitas pelanggannya (‘retain loyalti).
Price dan Quality
Perusahaan dengan keunggulan kompetitif e-business berhasil menawarkan harga yang jauh lebih murah dibandingkan dengan perusahaan lain. Harga yang jauh lebih murah ini tidak disertai dengan penurunan kualitas dan pelayanan kepada pelanggan. Penurunan harga yang terjadi adalah signifikan.
Parameter lainnya yang menunjukkan bahwa perusahaan mencapai keunggulan kompetitif e-business ditinjau dari aspek harga adalah bahwa sumber dari keuntungan kompetitif diperuntukkan bagi keseluruhan rantai nilai (value chain). Value chain merupakan sebuah sistem yang merupakan rangkaian aktivitas maupun subsistem yang berinteraksi satu dengan yang lain dimana masing-masing memberikan nilai terhadap kompetensi perusahaan ((Porter, 1985) dalam [4]). Ditinjau dari aspek kualitas, kualitas produk atau jasa ditingkatkan melalui antarmuka pelanggan terstandarisasi dan dipersiapkan secara otomatis.
Fullfillment Time
Fullfillment merupakan pemenuhan pesanan pelanggan. Kegiatan yang termasuk didalam fulfillment adalah menerima order, mengelola transaksi, manajemen gudang ; yang meliputi pengendalian persediaan produk dan kegiatan administrasi gudang secara umum, komunikasi dengan pelanggan untuk memberikan informasi status pesanan, dukungan teknis, dsb dan kegiatan reverse logistics yang berupa pengembalian produk ke bagian supply chain akibat pengembalian dari pelanggan.
Pada perusahaan yang mencapai keunggulan kompetitif e-business,  waktu yang diperlukan untuk pemenuhan pesanan pelanggan (fulfillment time) mengalami penurunan. Sebaliknya, fulfillment meningkat secara drastis, dan merupakan sumber dari customer royalty (kerajaan pelanggan).
Agility
Kemajuan-kemajuan teknologi di bidang sistem informasi memberikan suatu peluang strategi bagi organisasi untuk melewati para pesaingnya [2]. Namun peluang ini tidak akan dapat ditangkap jika tidak ditunjang kesadaran dari manajemen akan pentingnya perananya dalam pembentukan sistem informasi yang efektif. Ditinjau dari aspek agility, kemampuan manajemen dalam memahami teknologi informasi dan memahami perubahan dan tren teknologi, bagaimana perubahan teknologi yang cepat tersebut mempengaruhi proses bisnis, juga kemampuan dalam hal mengkomunikasikan nilai e-business ke segenap lini organisasi, juga merupakan unsur yang penting untuk mencapai keunggulan kompetitif e-business. Dengan kemampuan ini, akan membuka peluang atau memungkinkan terciptanya strategi-strategi baru. Memungkinkan terciptanya strategi-strategi baru ini juga merupakan salah satu parameter bahwa perusahaan memiliki keunggulan kompetitif e-business.
Time to Market dan Market Reach
Time to Market merupakan salah satu kunci keberhasilan dalam mencapai keunggulan kompetitif selain harga dan kualitas. Kecepatan penciptaan produk baru (time to market) dan kecepatan sampainya produk ke tangan pelanggan juga menjadi parameter posisi perusahaan dibandingkan perusahaan-perusahaan pesaingnya dalam mencapai keunggulan kompetitif. Perusahaan yang memiliki keunggulan kompetitif e-business memiliki nilai time to market yang sangat meningkat yang oleh karenanya keuntungan jangka panjang dicapai dalam waktu yang singkat.
Market reach adalah sejumlah pelanggan potensial yang ditaksir yang mungkin dicapai melalui sebuah media periklanan ataupun melalui kampanye promosi [5]. Seberapa besar pencapaian market reach turut mempengaruhi pencapaian keunggulan kompetitif, yakni seberapa besar kemampuan perusahaan dalam menjangkau pasar dan pelanggan dari berbagai segmen yang ada dipandang baik secara demografis  maupun secara geografis. Perusahaan dengan keunggulan kompetitif e-business pencapaian target pasarnya secara geografis meningkat dengan cepat. Penetrasi yang meningkat atas “markets of one” yang ditindaki oleh para pesaing sebagai segmen pasar.




1.     www.kaskus.us
Kaskus adalah situs forum komunitas maya terbesar dan nomor 1 Indonesia dan penggunanya disebut dengan Kaskuser. Kaskus lahir pada tanggal 6 November 1999 oleh tiga pemuda asal Indonesia yaitu Andrew Darwis, Ronald Stephanus, dan Budi Dharmawan, yang sedang melanjutkan studi di Seattle, Amerika Serikat. Situs ini dikelola oleh PT Darta Media Indonesia. Kaskus memiliki lebih dari 3,4 juta pengguna terdaftar. Pengguna kaskus umumnya berasal dari kalangan remaja hingga orang dewasa yang berdomisili di Indonesia maupun di luar Indonesia.
Kaskus, yang merupakan singkatan dari Kasak Kusuk, bermula dari sekedar hobi dari komunitas kecil yang kemudian berkembang hingga saat ini. Kaskus dikunjungi sedikitnya oleh 900 ribu orang, dengan jumlah page view melebihi 15.000.000 setiap harinya. Hingga bulan September 2011, Kaskus sudah mempunyai lebih dari 416 juta posting. Kaskus.us menyediakan berbagai artikel unik dan menarik. Kaskus juga adalah sebuah situs berbasis bulletin board service atau forum yang menjadi no 1 Indonesia community. Kaskus juga termasuk forum jual beli. Forum jual beli tersebut diberlakukan system e-commerce karena transaksi elektronik. Untuk memudahkan kaskus memberikan transaksi online yang mudah yang dinamakan kaskus e-pay. Dalam hal jual beli kaskus telah berkontribusi besar bagi dunia e-business di Indonesia. Untuk itu menurut saya e-bisnis yang terbaik di Indonesia saat ini adalah kaskus.us. Sebab kaskus memiliki kelebihan-kelebihan tersendiri dibandingkan dengan yang lain kelebihan-kelebihan tersebut antara lain adalah :
·       Kaskus berupa forum yang memiliki anggota terbesar diseluruh Indonesia dan member kaskus biasanya membuat thread paling update sehingga anda tidak ketinggalan jaman.
·       The Lounge menyediakan banyak artikel unik yang sebelumnya mungkin banyak orang yang tidak mengetahuinya.
·       CCPB mempermudah kita untuk mencari software serta jamunya(crack)
·       Kaskus merupakan forum asli buatan Indonesia
·       Dalam FJB ( forum jual-beli) kaskus menyediakan berbagai barang dalam  berbagai  bentuk dan rupa, baik baru maupun bekas.
·       Emoticon serta member kaskus.us sangat lucu dan humoris. Emoticon lucu ini mampu membuat members terbebas dari rasa bosan dan jenuh karena tidak hanya disuguhi tulisan kaku, tetapi ada emoticon gerak.
·       Kaskus.us menyediakan subforum yang sangat banyak. Sehingga dapat membuat para membernya nyaman dan lebih kreatif.
·       Kaskus.us dapat menjadi forum kebersamaan serta komunitas tertentu.
·       Dan yang paling penting adalah mayoritas member kaskus.us merupakan orang asli Indonesia yang sangat mendukung kemajuan negri tercinta ini.
Selain itu kaskus.us juga selalu mengembangkan inovasi terbaru. Inovasi ini antara lain adalah dengan berkerja sama dengan inTouch Innovate Indonesia dengan menghadirkan aplikasi Kaskus ODP, sehingga memberi keleluasaan kepada Kaskuser saat mengakses aplikasi melalui ponsel berbagai tipe dan merk. Dan sejak diluncurkanya aplikasi kaskus ODP ini, jumlah pengakses kaskus mobile selalu meningkat.
1.     www.tokobagus.com
Toko Bagus memberikan fasilitas gratis bagi yang akan membeli ataupun menjual barang dan jasa. Fasilitas gratis ini tentunya lebih baik dan lebih bagus jika di bandingkan dengan pemasangan iklan atau membuat sebuah toko online sendiri. Karena selain user tidak di kenakan biaya sepeserpun, proses pasang iklan pada toko bagus pun bisa berlangsung sangat cepat karena pemasang iklan bisa langsung memasang iklannya sendiri di toko bagus.
Toko bagus juga merupakan solusi tepat untuk yang ingin mengembangkan pemasaran barang atau jasa secara online tanpa diruwetkan oleh pembuatan toko online. Karena setelah terdaftar menjadi user di toko bagus, maka akan mendapatkan sebuah toko online milik user sendiri dengan alamat domain username.tokobagus.com. Hal ini tentunya sangat menguntungkan para pelaku ekonomi, karena tanpa mengeluarkan biaya sudah bisa memiliki sebuah toko online dari toko bagus yang bisa dipromosikan.
1.     Indonesia Air Asia (www.airasia.com)
Melalui airasia.com, maka customer hanya perlu mengakses situs tersebut untuk melakukan reservasi tiket pesawat, bahkan lebih jauh lagi mereka dapat melakukan reservasi hotel dan berbagai paket menarik yang ditawarkan oleh Air Asia. Menurut saya, e-business terbaik di Indonesia saat ini adalah e-business yang dimiliki oleh perusahhan penerbangan Indonesia Air Asia, yaituwww.airasia.com. Alasan saya memilih Air Asia adalah karena keunggulan sistem e-business yang dimilikinya, yaitu:
1) Dengan sistem e-business, Air Asia dapat melakukan efisiensi biaya seperti komisi untuk travel agent.
2) Dengan e-business, Air Asia tidak perlu membuat sistem Human Resource sebanyak pada perusahaan penerbangan lainnya.
3) E-business yang diterapkan Air Asia termasuk dalam Business to Consumer dimana aplikasi ini  ditujukan agar konsumer dapat langsung berhubungan dengan pihak perusahaan tanpa harus melalui perantara seperti sistem reservasi konvensional.
4) Penerapan e-business pada Air Asia memberikan keuntungan baik untuk pihak perusahaan maupun bagi pihak customer.
5) Sistem yang digunakan sebagai Point of Sales disebut dengan Global Distribution System (GDS) dimana GDS ini memiliki interface yang berupa Graphical User Intrface (GUI) yang berhadapan langsung dengan pelanggan. Saat pelanggan berinteraksi dengan sistem melalui GUI, maka sistem tersebut secara real-time akan melakukan proses-proses back office diantaranya melakukan validasi, otorisasi, dan konfirmasi yang akhirnya akan memberikan pelanggan suatu bukti penjualan tiket dan bukti tersebutlah yang digunakan sebagai tiket pesawat.
1.     Oto.co.id
Oto.co.id sebuah situs penjualan mobil oto multiartha. Semenjak meluncurkan Oto.co.id dan menerapkan e-business dengan mitranya, angka penjualannya meledak menjadi di atas 1 triliun pada 2000 atau tumbuh 400% dan membiayai 15.000 unit mobil. Setahun kemudian meningkat lagi menjadi 1,5 triliun dengan 20.000 unit mobil. Dengan demikian, E-Business terbukti memperluas pasar dan meningkatkan penjualan.

1.     PT.Garuda Indonesia
Garuda Indonesia merupakan maskapai penerbangan terbesar dan terbaik di Indonesia yang telah menerapkan e-business dalam supply chain management. Garuda Indonesia pernah berhasil melakukan e-auction untuk pengadaan bahan bakar jet dengan nilai transaksi mencapai US$ 54 juta.


sumber : Prastise Titah

E-BUSINESS TERBAIK DI DUNIA


1. AMAZON

Amazon berdiri pada tahun 1995 sebagai toko online Amerika dengan kantor pusat di Seattle yang awalnya hanya untuk menjual buku secara online. Namun amazon dengan sangat cepat memperluas bisnisnya untuk menjual semua produk trendi lain seperti DVD, barang elektronik dan yang lainnya. Amazon kini memiliki jutaan karyawan. Dan amazon mengatakan bahwa situsnya memiliki lebih 250 M kunjungan unik per bulan. Pertumbuhan amazon benar-benar sangat cepat dan telah memperoleh banyak perusahaan. Amazon tidak hanya sebagai toko online tapi juga mempunyai layanan komputasi awan terbesar juga. Perusahaan juga memproduksi elektronik-terutama konsumen, pembaca e-book Amazon Kindle, Fire tablet, Fire TV dan Fire Smartphone dan adalah amazon penyedia terbesar di dunia layanan infrastruktur cloud (IaaS). Amazon juga menjual produk-produk low-end tertentu seperti kabel USB di bawah in-house brand AmazonBasics nya.
Amazon memiliki situs ritel terpisah untuk Amerika Serikat, Inggris Raya dan Irlandia, Perancis, Kanada, Jerman, Italia, Spanyol, Belanda, Australia, Brazil, Jepang, Cina, India dan Meksiko. Amazon juga menawarkan pelayaran internasional ke negara-negara tertentu lainnya untuk beberapa produknya. Pada tahun 2011, itu mengaku niat untuk meluncurkan situs di Polandia dan Swedia.
Pada 2015, Amazon melampaui Walmart sebagai pengecer yang paling berharga di Amerika Serikat berdasarkan kapitalisasi pasar.

2. EBAY

eBay Inc. adalah sebuah perusahaan multinasional dan e-commerce, ebay merupakan perusahaan Amerika bermarkas di San Jose, California. eBay didirikan oleh Pierre Omidyar pada tahun 1995 yang memberikan layanan penjualan melalui internet dengan metode Customer to Customer dan Business to Customer. Ebay saat ini merupakan bisnis bernilai miliaran dolar dengan operasi lokal di lebih dari 30 negara.
Perusahaan ini mengelola situs eBay.com, lelang online dan situs belanja di mana orang dapat berbisnis dengan membeli dan menjual berbagai macam barang dan jasa di seluruh dunia. Selain penjualan secara lelang, website diperluas untuk mencakup “Buy Now”, belanja by UPC, ISBN, atau jenis lain dari SKU (via Half.com); iklan baris online (via Kijiji atau eBay Secret) online trading acara tiket (melalui StubHub); dan layanan lainnya. Ebay sebelumnya menawarkn traksaksi transfer uang secara online (via PayPal), yang merupakan anak perusahaan dari eBay dari tahun 2002 sampai dengan tahun 2015.
Website ini gratis untuk digunakan bagi pembeli, tapi penjual dikenakan biaya untuk daftar item dari barang-barang yang dijual.

3. TAOBAO

Taobao adalah situs Cina untuk belanja online mirip dengan eBay, Amazon dan Rakuten yang dioperasikan di China oleh Alibaba Group.
Didirikan oleh Alibaba Group pada 10 Mei 2003, Taobao Marketplace memfasilitasi Costumer to Costumer (C2C) ritel dengan menyediakan platform untuk usaha kecil dan pengusaha individu untuk membuka toko online yang terutama melayani konsumen di Cina seperti (Daratan Cina, Hong Kong, Macau dan Taiwan) dan juga di luar negeri. Dengan sekitar 760 juta daftar produk pada Maret 2013, Taobao Marketplace adalah salah satu dari 10 situs web yang paling banyak dikunjungi di dunia menurut Alexa.

4. TMALL

Tmall.com yang sebelumnya adalah Taobao Mall, adalah situs berbahasa Cina yang menjalankan bisnis toko online ecommerce Business to Customer (B2C) ritel online, Tmall juga sama seperti Taobao yang dioperasikan di China oleh Alibaba Group. Ini adalah platform untuk bisnis di Cina dan internasional untuk menjual barang untuk konsumen di daratan Cina, Hong Kong, Macau dan Taiwan.
Pada bulan November 2010, Taobao Mall meluncurkan domain web independen bernama tmall.com, untuk membedakan listing oleh pedagang dari pedagang C2C Taobao. Sementara itu, menggebrak kampanye iklan US $30 juta untuk meningkatkan kesadaran merek di kalangan konsumen. Hal ini juga mengumumkan fokus ditingkatkan di vertikal produk dan perbaikan dalam pengalaman belanja.

5. ALIBABA

Alibaba adalah sebuah perusahaan e-commerce asal China yang menyediakan layanan penjualan melalui portal web dengan metode Costumer to Customer, business to customer dan Business to Business. Alibaba juga menyediakan layanan pembayaran elektronik, mesin pencari belanja dan layanan komputasi awan data-centric. Kelompok ini dimulai pada tahun 1999 ketika Jack Ma mendirikan situs Alibaba.com, portal Business to Business untuk menghubungkan produsen Cina dengan pembeli di luar negeri. Pada tahun 2012, dua portal Alibaba menangani 1,1 triliun yuan ($170 miliar) dalam penjualan. Dan perlu Anda ketahui bahwa salah satu toko online terbaik di indonesia yaitu Lazada sudah di beli sahamnya oleh alibaba senilai $1 miliar atau sekitar Rp. 13.2 Triliun.




Referensi :
http://blog.pasca.gunadarma.ac.id/2012/06/26/parameter-pengukur-keunggulan-kompetitif-e-business-perusahaan/
https://www.centerklik.com/10-toko-online-terbaik-dan-terbesar-di-dunia/
http://fatlyrisky.blogspot.co.id/2013/01/5-perusahaan-e-business-terbaik-di.html


Komentar

Postingan populer dari blog ini

10 E-Business Terbaik di Indonesia

e-bidding

Fenomena E-Commerce